Laman

Sunday 7 July 2013

Design Interior Minimarket

Mengatur Posisi Rak Gondola

Salah satu hal yang harus diperhatikan agar tampilan toko/minimarket anda lebih menarik adalah dalam menempatkan posisi rak gondola, ada baiknya anda perhatikan hal-hal berikut ;
  1. Tentukan ukuran & jenis rak sesuai kebutuhan toko/minimarket anda. Jika atap plafon ruangan toko/minimarket anda tinggi, anda dapat menggunakan rak gondola 2 muka (double) dengan tinggi minimal 150cm. Tapi jika atap plafon rendah (dibawah 3 meter), sebaiknya anda gunakan ukuran rak 120cm. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan leluasa pada ruangan sehingga nantinya jika dipasang kamera CCTV atau cermin cembung aktifitas orang/pengunjung akan terlihat dengan jelas. Selain itu, harus diperhatikan pula jenis rak terutama ketebalan shelving (plat tempat susunan barang). Jika untuk menempatkan barang-barang berat (seperti; material toko bangunan) sebaiknya menggunakan ketebalan shelving minimal 0,8mm & jika untuk barang-barang ringan (seperti; barang-barang toko kelontong) cukup dengan tebal shelving 0,6mm.
  2. Sebaiknya tempatkan rak gondola secara berjejer karena selain terlihat rapi, pengunjung juga akan leluasa berlalu-lintas, serta anda sebagai pemilik toko/minimarket mudah untuk mengawasi tingkah-laku pengunjung. Jarak antar rak (lorong) sebaiknya jangan terlalu rapat sekitar ± 1 meter.
  3. Untuk rak gondola 1 muka (single) yang posisinya berhimpitan dengan dinding, sebaiknya berukuran lebih tinggi dari rak gondola double. Anda juga dapat menambah jumlah susunan shelving sehingga memuat barang lebih banyak & tentunya disesuaikan dengan jenis barang/produk yang akan dipajang.
Mengatur Posisi Meja Kasir

Penempatan meja kasir sebagai tempat transaksi pembayaran sebaiknya diletakan dekat pintu keluar toko/minimarket anda. Tujuannya selain untuk memberikan ruang lega di dalam toko/minimarket, juga untuk memberikan pengawasan terhadap para pengunjung yang bertindak tidak baik dengan mengambil barang tetapi diam-diam kabur sebelum melakukan transaksi pembayaran. Ada baiknya anda menembahkan rak ukuran mini dekat meja kasir untuk memajang accessories (seperti; gantungan kunci & pernak-pernik lainnya), hal ini juga dapat bertujuan untuk menghilangkan rasa jemu ketika para pelanggan sedang mengantri di meja kasir. Jadi sambil mengantri melakukan pembayaran, mata pengunjung akan dihibur oleh produk mini tersebut sehingga tidak menutup kemungkinan pengunjung tertarik untuk membelinya.

Mengatur Penerangan (Lighting)

Pengaturan cahaya lampu dalam ruangan yang tepat akan memberikan suasana terang pada toko/minimarket anda sehingga pengunjung merasa nyaman dalam mencari & memilih barang, mereka tidak merasa silau ataupun terlalu remang. Untuk membantu pencahayaan yang bagus atau sejuk di mata, sebaiknya dinding, lantai & atap plafon berwarna putih (cerah) karena warna putih akan memberikan kesan bersih & rapi pada ruangan. Selain itu juga dapat menghemat listrik karena warna putih mempunyai sifat memantulkan cahaya sehingga hanya perlu sedikit menyalakan lampu, barang atau produk dagangan yang dipajang akan mudah terlihat dengan jelas oleh para pengunjung.
Demikian sedikit tips dari kami semoga bermanfaat. Sampai berjumpa pada artikel selanjutnya. Terimakasih.  
        

No comments:

Post a Comment